Seorang security di stasiun pasar Senen sedang memantau penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (foto: Tempo).

INDONESIADAILY.ID – Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif memastikan, seluruh KA tujuan Jakarta dari DAOP 8 telah beroperasi normal pada Selasa (23/2). Kereta api jarak jauh keberangkatan dari DAOP 8 dengan tujuan Jakarta sudah beroperasi normal lagi.

“Jalur hilir KA antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Bekasi, sudah dapat dilewati oleh semua kereta api setelah sebelumnya tergerus oleh banjir. Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api keberangkatan menuju Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” ujar Luqman saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (23/2/2021).

Menurut Luqman, selama dua hari sejak Minggu (21/2) sampai Senin (22/2), KA tujuan Jakarta dari DAOP 8 tidak dioperasikan karena kendala jalur rel tersebut.

Akibatnyanya, ada sekitar 1.100 penumpang kereta api tujuan Jakarta yang batal berangkat dari Stasiun di relasi DAOP 8. Menurut Luqman, para penumpang yang hendak merefund uang tiket, diberi waktu hingga 30 hari ke depan.

“Ada sekitar 1.100 penumpang yang batal berangkat, karena KA tidak beroperasi akibat perbaikan jalur rel di DAOP 1. Kita masih menunggu penumpang yang mau refund, diberi waktu 30 hari. Refundnya nanti utuh, tidak ada potongan, sesuai harga belinya,” ungkapnya.

“Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah DAOP 1 Jakarta,” tambah Luqman. (ud/ed).

LEAVE A REPLY