Gelandang Persija Jakarta Marc Klok (Instagram/@marcklok).

INDONESIADAILY.ID – Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menyesalkan prilaku supporter sepak bola Indonesia yang masih hobby memberikan kata-kata rasis kepada pemain saat berada di lapangan.

Hal ini dia sampaikan melalui Instagram pribadinya setelah mengetahui Penyerang PSM Makassar, Patrich Wanggai dihujat mirip monyet. Dia dihujat karena berhasil membawa klubnya menang 2-0 atas Persija Jakarta.

Pemain naturalisasi yang baru saja memiliki pasport warga negara Indonesia tersebut, mengaku sangat geram atad kejadian ini. Karena tradisi jelek penonton di luar lapangan harus ditegur bahkan disangksi.

“Menjijikkan dengan apa yang dialami Patrich Wanggai di media sosial. Saya menentang rasisme. Tidak masalah jika Anda pemain PSM atau Persija. Siapa pun itu tidak boleh menjadi bagian dalam permainan ini (sepakbola). Sesuatu perlu diubah dan perlu diubah SEKARANG!,” tegas Klok di media sosialnya @marcklok dikutip oleh Indonesiamaju di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Tidak butuh waktu lama, Kejadian ini langsung menjadi viral di jagat Maya. Banyak dukungan yang diberikan kepada Patrick Wanggai. Mereka bersatu menyuarakan agar sang penghujat di akun Instagram Patrick segera di tangkap.

Terlepas dari itu, PSM Makassar menang 2-0 atas Persija Jakarta di matchday pertama Grup B Piala Menpora 2021. Dua gol PSM Makassar dilesakkan Patrich Wanggai (45+2) dan Yakob Sanuri (68’).

Kemenangan ini terasa mengejutkan. Sebab, secara materi pemain Persija Jakarta jauh lebih mentereng ketimbang PSM Makassar. Di akun resmi Instagram Persija Jakarta, tuntutan supaya pelatih kepala Sudirman untuk mundur pun membahana.

Selanjutnya, PSM Makassar akan bertemu Bhayangkara Solo FC pada Sabtu 27 Maret 2021 pukul 15.15 WIB. Kemudian di hari yang sama pukul 18.15 WIB, giliran Persija Jakarta yang menantang Borneo FC. (ud/ed).

LEAVE A REPLY