Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat tiba di Bandara Yogyakarta (foto: Instagram/@sandiuno).

INDONESIADAILY.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno memasrahkan kebijakan pembukaan tempat wisata pasca lebaran kepada pemerintah daerah.

Menurutnya, ekonomi masyarakat akan bangkit jika sektor pariwisata berjalan, Karena pelaku UMKM bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menawarkan produk mereka kepada pengunjung.

Dia juga komitmen, akan mengawal penerapan protokol kesehatan pada sektor wisata di masing-masing daerah. Bahkan jajarannya sudah menyiapkan panduan khusus yang bisa diterapkan oleh pengelola wisata.

“Wisata dibuka atau tida pasca lebaran akan bergantung ke kebijakan pemerintah daerah. Mereka pasti memiliki kajian yang sangat akurat terkait wilayahnya sendiri,” kata Sandiaga Uno saat menggelar konferensi pers mingguan di Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Selain itu, mantan Ketua Umum BPP HIPMI tersebut mengaku akan mendukung seperti apa keputusan Pemda. Dia hanya memberikan masukan dan edukasi agar ekonomi masyarakat tetap berjalan meskipun sedang pandemi.

Kemudian, dia juga berharap masyarakat mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan dan larangan mudik 2021. Dia berkomitmen untuk membangkitkan kembali ekonomi nasional lewat sumber daya alam dan kreativitas masyarakat di daerah.

“Kita akan mendukung keputusan mereka, jika izinkan beroperasi saat Ramadan maka kita juga menyiapkan buku panduan untuk diterapkan di masing masing tempat wisata,” tandas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (ud/ed).

LEAVE A REPLY