Pengusaha muda Maya Carlina mengenalkan produk UMKM, Caren Gula Aren kepada Jenderal Purn. Moeldoko (foto: Istimewa).

INDONESIADAILY.ID – Bertepatan Hari Jadi Kota Depok ke-22, Pengusaha muda Maya Carlina merilis produk UMKM, Caren Gula Aren. Kado tersebut dipersembahkan sebagai wujud kecintaan kepada kota yang ia tempati.

Wanita yang tergabung di HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) & Pemuda Tani HKTI mengatakan bahwa hari momen tersebut bertepat di Hari Ulang Tahun Kota Depok ke 22 tahun serta HUT HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) ke 48 tahun ingin menjadi momen lahirnya produk baru yaitu Caren.

“CAREN hadir dengan membawa cerita dari petani aren di berbagai pelosok desa di Indonesia yang memiliki cita rasa dan keunikan yang berbeda. Dan menyajikan budaya serta kearifan lokal dalam setiap pengolahan gula aren murni,” kata Carly di Depok, Jawa Barat, (Selasa, 27/4/2021)

Carly juga mengungkapkan bahwa gula arennya di proses dimulai dari penyadapan nira aren hingga pengolahan menjadi gula, lalu dikemas dengan tetap menjaga kualitas.

“Terdiri dari 2 kata Care & Aren, produk ini lahir atas kepedulian untuk para petani aren, penyadap nira, pengrajin gula di pelosok desa yang pengolahannya masih secara tradisional. Namun, masih minim untuk pemasarannya terutama di era digital saat ini,” ujarnya.

Pada zaman kerajaan, kata Maya Carlina bahwa minum dengan racikan gula aren sudah menjadi tradisi. Kini tren minuman kombinasi dengan gula aren hadir di setiap coffee shop manapun. Karena banyak diminati kalangan muda bahkan menjadi bagian lifestyle.

“Ini menjadikan potensi kedepan gula aren semakin disukai kalangan millenial. Dikarenakan orang-orang mulai bergeser mengantikan pemanis dengan gula aren. Dengan alasan kesehatan, diketahui gula aren memiliki Indeks Glikemik (IG) 35 separuh dari gula putih,” jelasnya.

Ia pun berharap kedepan bisa menaikkan kelas Gula Aren dan memasuki pasar International. Ia merasa senang mensupport olahan para petani aren di daerah yang perlu sekali pemasaran serta pemberdayaan untuk menjaga kualitas lebih baik . pungkasnya. (ud/ed).

LEAVE A REPLY