Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (foto: Tribunnews).

INDONESIADAILY.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat agar mau menyisihkan sebagian pendapatan atau gaji untuk berbelanja. Khususnya, membelanjakan produk-produk yang diproduksi oleh industri nasional.

“Pemerintah tentu mendorong masyarakat agar tidak ragu untuk membelanjakan sebagian pendapatannya, terutama untuk mendorong produksi dalam negeri,” kata Airlangga melalui konferensi virtual di Jakarta, Kamis (25/2/21).

Menurutnya, hal ini perlu agar tingkat konsumsi masyarakat yang tengah tertekan corona bisa tumbuh lagi. Sebab, ‘jajan’ masyarakat memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Maka dari itu, perlu belanja yang lebih besar dari masyarakat di tengah pandemi. Sebelumnya, masyarakat cenderung menahan konsumsi karena terbatasnya daya beli dan pendapatan.

Airlangga meyakini bila konsumsi bisa didorong, maka laju perekonomian tanah air juga bisa digenjot.

“Saya percaya kita tidak hanya mampu untuk keluar dari pandemi covid, tapi juga bisa keluar sebagai bangsa pemenang yang memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk mendorong daya beli masyarakat, Airlangga mengatakan pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan. (ud/ed).

LEAVE A REPLY